Kamis, 02 Juli 2009

TEMPLATE MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF


Pada saat ini, pembelajaran dengan mengintegrasikan ICT di dalamnya tampaknya hampir menjadi sebuah keharusan. Seorang guru jika belum menguasai ICT, menurut anggapan masyarakat cenderung belum bisa dikatakan sebagai guru profesional. Bahkan pemerintah mencanangkan bahwa pada tahun 2015 sekitar 70% dari seluruh sekolah yang ada di Indonesia harus sudah terhubung dengan internet networking. Ini berarti guru juga dituntut untuk melek ICT (ICT literate) dengan segera, padahal kenyataan di lapangan yang terjadi belum sesuai dengan apa yang kita harapkan.
banyak guru-guru kita cenderung memandang pembelajaran dengan ICT belum menjadi kebutuhan mereka. Terbukti setiap kali mereka mendapat pelatihan intensif tentang bagaimana men-develop multimedia pembelajaran, interaktif mereka cenderung mengikutinya karena kewajiban yang ditetapkan oleh sekolah, bukan oleh kesadaran bahwa mereka dan siswa yang mereka didik membutuhkannya. Dengan demikian, begitu selesai pelatihan dan mendapatkan sertifikat, ketrampilan yang sudah didapat hampir tidak pernah melekat.

Jika ditanya apa penyebabnya, jawabnya beragam. Salah satunya adalah karena terlalu ribet dan dibutuhkan persiapan yang tidak singkat untuk mendevelop sebuah multimedia pembelajaran interaktif. Lalu bagaimana solusinya?


Setelah melalui pengamatan dan analisis terhadap permasalahan yang cukup memakan waktu, akhirnya saya sampai kepada suatu kesimpulan bahwa apa yang diperlukan oleh para guru untuk mensukseskan pembelajaran dengan mengintegrasikan ICT adalah: Template Multimedia Pembelajaran Interaktif! Dan benar, begitu template itu diaplikasikan pada setiap pelatihan guru untuk membuat multimedia pembelajaran interaktif, mereka yang paling awam dengan ICT sekalipun dapat dengan enjoy mengikutinya. Pada akhir pelatihan biasanya mereka bisa mneghasilkan sebuah multimedia pembelajaran interaktif .yang cukup menarik dan layak diterapkan untuk pengajaran.
Mengapa demikian? Karena dengan template tersebut pekerjaan yang memakan 75 % dari keseluruhan waktu developing sebuah multimedia pembelajaran sudah serta merta terlaksana. Guru tinggal memasuk-masukkan materi ajarnya ke dalam tempat-tempat yang sudah tersedia di dalam template multimedia pembelajaran interaktif tersebut. Materi ajar tersebut bisa berupa teks, gambar diam, objek teranimasi, movie, maupun sound.

Anda ingin mencobanya? Cobalah mengaplikasikan tempalte-tempalte di bawah ini, niscaya pembelajaran anda akan lebih PAIKEM (Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Tidak percaya? Coba dulu, baru berikan komentar Anda.

Berikut ini adalah template-template multimedia pembelajaran interaktif yang bisa Anda download:

1. Template mampuono-bluegreen1
Template multimedia pembelajaran interaktif berwarna dominan hijau dan biru ini sangat cocok untuk para guru dan dosen yang ingin membuat multimedia pembelajaran interaktif sendiri. Template multimedia yang dilengkapi dengan menu berupa tombol hijau berputar ini sangat menantang untuk diberdayakan bagi pembelajaran bernbasis ICT. Template multimedia ini juga cocok digunakan untuk presentasi secara umum, karena semua tombol sudah dilink sesuai kebutuhan. Silakan download di sini.

2. Template mampuono-blackorange1
Template multimedia pembelajaran berwarna perpaduan jingga-hitam ini cocok bagi guru dan dosen untuk membuat multimedia pembelajaran interaktif yang sangat efektif. Perpaduan warna background dan tombol-tombol template multimedia yang terkesan berani ini akan menjadikan multimedia pembelajaran yang dihasilkan terkesan alegan dan eye catching. Template multimedia ini dapat juga digunakan untuk presentasi oleh umum, Keberadaan tombol-tombol interaktif yang sudah di-link-kan ke slide-slide yang dibutuhkan justeru memudahkan pemakai template multimedia ini untuk membuat paparannya. Silakan download di sini.

3. Template mampuono-blueorange1
Template dengan menu biru berputar ini sangat cocok untuk membuat multimedia pembelajaran interaktif bagi guru dan dosen. Template multimedia pembelajaran berwarna background perpaduan biru-jingga ini dapat disi bahan ajar apapun. Jumlah tombol menu di dalam template multimedia ini dapat ditambah ataupun dkurangi sesuai kebutuhan sehingga aplikasinya akan menghasilkan . multimedia pembelajaran interaktif yang sangat efektif. Perpaduan warna background dan tombol-tombol template multimedia yang memikat ini akan menjadikan multimedia pembelajaran yang dihasilkan terkesan harmonis dan mengesankan. Template multimedia ini dapat juga digunakan untuk membuat presentasi oleh kalangan umum, Keberadaan tombol-tombol interaktif yang sudah di-link-kan ke slide-slide yang dibutuhkan akan memudahkan pemakai template multimedia ini untuk membuat paparannya. Silakan download di sini.

4. Template mampuono-green2
Template multimedia pembelajaran berwarna dominan hijau ini cocok bagi guru dan dosen untuk membuat multimedia pembelajaran interaktif. yang sangat efektif. Perpaduan warna background dan tombol-tombol template multimedia yang terkesan sejuk ini akan menjadikan multimedia pembelajaran yang dihasilkan terkesan teduh dan menenteramkan. Template multimedia ini dapat juga digunakan untuk presentasi oleh umum, Keberadaan tombol-tombol interaktif yang sudah di-link-kan ke slide-slide yang dibutuhkan justeru memudahkan pemakai template multimedia ini untuk membuat paparannya. Silakan download di sini.

5. Template mampuono-violet2
Template multimedia pembelajaran interaktif yang berwarna ungu ini sangat cocok bagi guru dan dosen penyuka warna pastel. Perpaduan warna background dan tombol-tombol template multimedia yang terkesan unik ini akan menjadikan multimedia pembelajaran yang dihasilkan terkesan berbeda dari yang lain dan menawan. Template multimedia ini dapat juga digunakan untuk presentasi oleh umum, Keberadaan tombol-tombol interaktif yang sudah di-link-kan ke slide-slide yang dibutuhkan akan memudahkan pemakai template multimedia ini untuk membuat paparannya. Silakan download di sini.

sumber (http://mampuono.multiply.com/journal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar